Kamis, 12 Februari 2015

Pengertian dan Contoh Data Nominal,Ordinal,Interval dan Rasio



Sebelum mempelajari Statistika secara mendalam, tentu kita harus mempelajari tentang Data..

1.   Nominal
Data berjenis nominal membedakan data dalam kelompok yang bersifat kualitatif. Dalam ilmu statistika, data nominal merupakan data dengan level pengukuran yang paling rendah.
Contohnya :

  • data jenis kelamin pada sampel penelitian Departemen Pendidikan, data siswa dikategorikan menjadi ’laki-laki’ yang diwaliki angka 1 dan ’perempuan’ yang diwakili angka 2. Konsekuensi dari data nominal adalah tidak mungkin seseorang memiliki dua kategori sekaligus dan angka yang digunakan di sini hanya sebagai kode/simbol saja sehingga tidak dapat dilakukan operasi matematika.
  •  Mengelompokan eskul disuatu SMA dari bidang olahraga, data eskul dikategorikan menjadi “basket” yang diwakili dengan huruf A, kemudian “footsal” diwakili dengan huruf B dan “bolavoli” diwakili oleh huruf C.
  • Pengelompokan rumah-rumah dalam suatu perumahan, misal dari sebelah “utara” komplek A, “barat” adalah komplek B, “selatan” adalah C dan arah “timur” adlah komplek D.
  •    Sebuah gedung bioskop, para penonton diberikan no kursi duduk yang berbeda agar tidak terjadi perebutan kursi.
  •  Dalam salah pesantren antara santriwan dan santriwati asramanya dipisahkan dengan diberisimbol untuk santriwan A2 sedangkan untuk santriwati adalah B2.     


·

2.   Ordinal
Dalam ilmu statistika, data berjenis ordinal mempunyai level pengukuran yang lebih tinggi daripada data nominal dan termasuk data kualitatif. Pada data nominal semua data dianggap bersifat kualitatif dan setara, sedangkan pada data ordinal terdapat klasifikasi data berdasarkan tingkatannya.
Contohnya:
  •   Mengenai tingkat pendidikan yang dikategorikan menjadi ’SD’ yang diwakili angka 1, ’SMP’ yang diwakili angka 2, ’SMA’ yang diwakili angka 3, ’Diploma’ yang diwakili angka 4, dan ’Sarjana’ yang diwakili angka 5. Sama halnya dengan data nominal, meskipun tingkatannya lebih tinggi, data ordinal tetap tidak dapat dilakukan operasi matematika. Angka yang digunakan hanya sebagai kode/simbol saja, dalam contoh tadi tingkat pendidikan tertinggi adalah ’Sarjana’ dan terendah adalah ’SD’ (Sarjana > Diploma > SMA > SMP > SD).
  •   Suatu peringkat ranking disuatu kelas misalkan Ihsan ranking 1 dan udin ranking 2 berarti ihsan lebih pintar dari pada udin.
  •   Penghitungan suara dalam pemilu, misalkan total suara Demokrat 60%, PDI 30%, Golkar 20% berarti suara tertinggi di pegang oleh demokrat sebagai peringkat 1, sehinnga menjadi pemenang dalam pemilu tersebut. 
  •   Dalam suatu survei bahwa pelajar di jawa barat 67% mengaku mengalami seks pranikahsedangkan pelajar di jawa timur hampir 84% mengalami seks pranikah, dalam hal ini jawatimur memegang angka tertinggi dalam survei ini. 
  • ·   Pada tingkatan Taekwondo memiliki beberapa tahapan sabuk misalkan dari awal sabuk putih,kuning, hijau, biru, merah dan yang terakhir hitam. 
·       


3.   Interval
Data berjenis interval termasuk dalam kelompok data kuantitatif. Dalam ilmu statistika, data Interval mempunyai tingkat pengukuran yang lebih tinggi daripada data nominal maupun ordinal. Angka yang digunakan dalam data ini, selain menunjukkan urutan juga dapat dilakukan operasi matematika. Angka nol yang digunakan pada data interval bukan merupakan nilai nol yang nyata.
Contohnya:
  •   Interval nilai pelajaran matematika siswa SMA 4 Surabaya adalah antara 0 sampai 100. Bila siswa A dan B masing-masing mempunyai nilai 45 dan 90, bukan berarti tingkat kecerdasan B dua kali A. Nilai 0 sampai 100 hanya merupakan rentang yang dibuat berdasarkan kategori pelajaran matematika dan mungkin berbeda dengan mata pelajaran lain.
  •  Dasar Pemrograman memiliki 1 SKS, waktunya adalah 50menit, begitupun dengan Teknik Digital yang memiliki 2 sks berarti waktunya 100 menit, dan yangterakhir yaitu kalkulus memiliki 3 SKS waktunya adalah 150 menit sehingga dapat disimpulkan bahwa selisih data diatas adalah 50 menit.
  •   Kecepatan masing – masing orang dalam berkendara di jalan raya, Maharani jika berkendaraan dengan kecepatan 20 – 40 km/jam masuk keukuran pelan, untuk Ichsan dalam berkendaraan memiliki kecepatan 50 – 60 km/jam maka masuk ke dalam ukuran sedang dan yang terakhir Valentina Rosi dalam berkendaraannya selalu berkecepatan 70 – 80 km/jam maka masuk ke ukuran cepat. 
  •   Rata – rata tinggi badan berdasarkan usia, untuk anak – anak yang berusia 6 – 12 memiliki rata – rata tinggi badan 130 – 145 cm, untuk remaja yang berusia 13 – 18 memilikirata – rata tinggi badan 146 – 160 cm, dan untuk dewasa yang berusia 19 – 26 cm memiliki rata – rata tinggi badan 161 – 199 cm. 
  •   Pengiriman barang ke berbagai tempat, seperti contoh diatas Sintamengirimkan barang dari Bandung ke Jakarta dengan harga Rp. 10.000,- /kg, dan Santi mengirimkan dari bandung ke Yogyakarta dengan harga Rp. 20.000,- /kg sedangkan Santamengirimkan barang dari Bandung ke Surabaya dengan harga Rp. 30.000,- /kg. 
·        
·        
·       
·      





4.   Rasio
Dalam ilmu statistika, data rasio merupakan tipe data dengan level pengukuran yang paling tinggi dibandingkan dengan tipe data lain. Data ini termasuk dalam kelompok data kuantitatif. Angka yang digunakan pada data ini menunjukkan angka yang sesungguhnya, bukan hanya sebagai symbol dan memiliki nilai nol yang sesungguhnya. Pada data ini, dapat dilakukan berbagai operasi matematika.
Contohnya :
  •  Dalam sebuah bank, seseorang mempunyai tabungan dengan saldo 10.000.000 rupiah. Angka tersebut menunjukkan bahwa orang tersebut benar-benar mempunyai saldo sebesar 10.000.000 rupiah. Jika seseorang mempunyai saldo -1.000.000 rupiah berarti orang tersebut mempunyai hutang sebesar 1.000.000 rupiah. Sedangkan jika seseorang mempunyai saldo 0 rupiah berarti orang tersebut tidak mempunyai tabungan maupun hutang.
  •  Nilai raport siswa SMA dimana masing – masing siswa memiliki nilaiyang berbeda yaitu Muiz mendapatkan nilai 100 (A), Cinta 80 (B), dan Putri 60 (C) jika dilihat dariskala rasio nilai Muiz memiliki nilai lebih 20 dari pada nilai Cinta, Cinta memiliki nilai lebih 20dari pada nilai Putri, dan nilai putri kurang 40 untuk sama dengan Muiz.
  •   Berat bayi dimana bayi A beratnya adalah 3, B adalah 2, dan C adalah 1, jika dilihat menggunakan skala rasio berat badan bayi A tiga kalilipat dari berat badan bayi C, berat badan bayi B dua kalilipat dari C. 
  •   Tinggi badan dari masing – masing data yang dikumpulkan, jika dilihat dari skala rasio Ichsan lebih tinggi 10 cm dari pada Muiz, dan Muiz lebih tinggi 10 cm dari pada Chaby, dan chaby paling pendek diantara Ichsan dengan Muiz. 
  •   Pekerjaan dan penghasilan bulanan, dimana gajihnya bermacam – macam, jika dilihat berdasarkan skala rasio gajih Ichsan lebih besar dari pada gajihKosim sebagai karyawan, dan gajih Udin lebih lebih kecil dari pada gajih Kosim. 
·        
·       
·       
·       

90 komentar:

  1. Makasih. Sangat membantu :)

    BalasHapus
  2. Makasih. Sangat membantu :)

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Nuhun, Riski - kesempurnaan cinta

    BalasHapus
  5. sykron katsiron, jazakumullahu
    khairon katsiron.

    BalasHapus
  6. sedikit tambhan mengenai Data diskrit/nominal, yakni Data Diskrit/ Nominal adalah data yang diperoleh dari hasil menghitung atau membilang, dan bukan dari hasil mengukur.

    BalasHapus
  7. izin share ya gan di http://www.afdhalilahi.com/

    BalasHapus
  8. terima kasih, sangat membantu

    BalasHapus
  9. bagus dan mudah dimengerti
    sukses selalu bro

    BalasHapus
  10. sama2..
    alhamdulillah bermanfaat

    BalasHapus
  11. Thanks a lot... it's quite helpful.

    BalasHapus
  12. Thanks a lot... it's quite helpful.

    BalasHapus
  13. terima kasih....sangat membantu

    BalasHapus
  14. Terimakasih sangat membantuu

    BalasHapus
  15. sangat membantu. Terima kasih. :)

    BalasHapus
  16. sangat membantu, thanks a lot

    BalasHapus
  17. Mau tanya dong
    Data rasio bisa digunakan untuk uji statistik t-test ga ? Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  18. Makasih kak . .Sangat membantu, apalagi besok hari aku maju presentasi

    BalasHapus
  19. makasih bangat ini sangat membantu

    BalasHapus
  20. Sangat membantu. Terima kasih :)

    BalasHapus
  21. Terima kasih, lumayan membantu. Tapi Min backgrounndya jangan item pusing liatnya
    :(

    BalasHapus
  22. Thank u so much for these benefitly informations :)

    BalasHapus
  23. Maaf data nominal, ordinal itu data kuantitatif ya? Kenapa itu kualitatif? Cmiiw

    BalasHapus
  24. Terimakasih atas infonya. . Yuk mampir di..
    https://mytutorialmasakan.blogspot.com/?m=1

    BalasHapus
  25. Harus banyak belajar dari anda suapaya banyak pembaca nya.. mantap

    BalasHapus
  26. Harus banyak belajar dari anda suapaya banyak pembaca nya.. mantap

    BalasHapus
  27. Alhamdulillah bisa membantu dan trimakasih atas ilmunya

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum,KK boleh kirim referensi nya,,,

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Thank you very much for seeing 밤알바 information.
    Thank you very much for seeing 밤알바 information.

    BalasHapus
  31. Terimakasih sudah membantu

    BalasHapus
  32. Terimakasih sangat membantu😊

    BalasHapus
  33. membantu banget . makasiiiiiiiiiihhhhhhhh looovee.

    BalasHapus
  34. Makasih ya anjink sangat membantu buat kuliah online ini disaat pendami

    BalasHapus
  35. Thank youu kak, sangat membantu

    BalasHapus
  36. This is my first time i visit here and I found so many interesting stuff in your blog especially it's discussion, thank you 먹튀검증

    BalasHapus
  37. I just want to let you know that I just check out your site and I find it very interesting and informative. 먹튀폴리스

    BalasHapus
  38. Referensinya ini dari mana mohon bantuannya

    BalasHapus